Minggu, 21 Juni 2015

Bupati Jombang Nyono Suharli Kukuhkan Pengurus Dekranasda Periode 2014-2018




Pasca dikukuhkan, pengurus Dekranasda Kabupaten Jombang saya minta  langsung tancap gas, bekerja”, Demikian disampaikan oleh  Nyono Suharli Bupati Jombang usai mengukuhkan pengurus Dekranasda Kabupaten Jombang periode 2014 – 2018, dipendopo pemkab Jombang (26/8) pagi. Menurutnya, masyarakat sudah menunggu kerja nyata pengurus Dekranasda Kabupaten Jombang untuk menumbuhkembangkan UMKM  di Kabupaten Jombang.

Ketua Dekranasda Kabupaten Jombang Ir. Tjaturina Wihandoko MM dalam sambutannya  menyampaikan, Kabupaten Jombang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM )  yang beraneka ragam.  Para UMKM  tersebut bergerak di berbagai sektor usaha antara lain sektor makanan, minuman dan kerajinan.

Bersama dengan jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Jombang  yang terdiri dari Kepala SKPD terkait, Kadin Jombang, APKJ, Perbankan dan serta pihak-pihak terkait  akan bersinergi   dan berperan serta aktif di dalam menumbuhkembangkan UMKM di Kabupaten Jombang.


Disampaikan pula  UMKM  di Kabupaten Jombang saat ini telah mampu memproduksi produk-produk yang bervariasi dan berkwalitas yang di dukung oleh sumberdaya, sarana dan prasarana yang memadai, tetapi di lain pihak para UMKM  masih membutuhkan pembinaan, pengembangan, pemasaran, juga , permodalan. “Harapan kita  kedepan akan ada banyak  UMKM Jombang yang sudah memiliki brand yang bisa kita andalkan sebagai produk unggulan kabupaten Jombang”, tuturnya.

Istri Bupati Jombang ini juga  mengajak kepada jajaran pengurus Dekranasda yang baru untuk segera menyusun program kerja dan melakukan tugas nyata. Sebab saat ini para perajin kita masih banyak menghadapi  kendala, yaitu kesenjangan transformasi masyarakat perajin yang disebabkan cepatnya kemajuan teknologi, kurangnya minat dan penghargaan masyarakat terhadap barang kerajinan. dan para perajin kurang stabil dalam menjaga mutu hasil produknya. Selain itu, kreativitas para perajin belum dapat mengikuti perkembangan selera konsumen.

Dekranasda Kabupaten Jombang kedepan akan fokus pada program perluasan jaringan pasar dan program kemitraan, selain itu terus meningkatkan kualitas SDM perajin. Membangun sinergitas dan  kerjasama yang baik dengan pemerintah, swasta juga Dekranasda Provinsi Jawa Timur  untuk mendorong kreativitas para perajin dalam memenuhi tuntutan pasar global menjelang Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015 mendatang. Sekaligus mempertahankan jati diri bangsa melalui produk seni dan budaya yang bermartabat. Dekranasda juga memberikan dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, dan mensosialisasikan pemakaian produk dalam negeri.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah  menata masa depan showroom Dekranasda dan UMKM  menjadi  lebih baik dan mampu sebagai alat promosi hasil produk UMKM Kabupaten Jombang. Serta mempunyai nilai jual tinggi ketika produk UMKM  dipromosikan melalui even – even pameran, baik pameran yang diselenggarakan di dalam daerah, regional dan nasional.

Pengukuhan dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang, Plt Sekda,pengurus Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Camat, Tim  Penggerak PKK Kecamatan, serta pelaku usaha.(wati_humas jombang)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar